Bisnis Booth Portable Cukup Menjanjikan

Peluangusaha.co – Booth kini telah menjadi salah satu produk yang paling dicari oleh pelaku usaha, berbagai model booth pun ditawarkan dengan konsep evendesk, pop up counter maupun tenda lipat yang sangat cocok untuk keperluan usaha sekaligus menjadi salah satu media promosi dan juga  branding produk.

Adalah Abdul Mukti bersama 2 rekannya yakni Weda Gintung dan Yadi Hendrawan yang cukup sukses dalam mengembangkan bisnis jasa pembuatan booth. Usaha yang dirintis sejak tahun 2012 yang lalu ini membutuhkan modal sekitar Rp 10 juta yang dipakai untuk membeli bahan baku,  peralatan produksi dan sekaligus mendirikan CV. Pelangi Ikhtiar.

Abdul Mukti selaku Komisari CV. Pelangi Ikhtiar menuturkan bahwa propsek bisnis produksi booth cukup menjanjikan dan tidak ada matinya. Apalagi bisnis ini terbantu dengan samakin berkembangnya bisnis kuliner baik makanan ataupun minuman dengan konsep franchise. Hal ini tentu menjadikan bisnis pembuatan booth semakin menjanjikan. Selain itu booth pun menjadi primadona dikalangan pelaku usaha UKM untuk memasarkan produknya dibeberapa even-even pameran ataupun bazar. Melihat hal ini Mukti menilai peluang bisnis booth tidak akan pernah mati selama masih ada pelaku usaha, karena booth hanya sebagai penunjang dan pelangkap untuk menjalankan suatu usaha.

Kelebihan. Menurut Mukti keunggulan yang dimiliki CV. Pelangi Ikhtiar dari pada pelaku usaha booth lainnya adalah dari segi konsep booth yang cukup praktis, yakni Booth portbale yang bisa dilipat dan dibongkar pasang serta mudah dibawa kemana-mana, bahkan bisa dimasukan kedalam mobil. Booth portable ini terbuat dari bahan alumunium sangat kokoh dan ringan. Proses bongkar pasangnya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit, tidak membutuhkan peralatan bantuan seperti obeng, tang dan lain-lain dalam proses bongkar pasang. Mukti mencontohkan untuk booth ukuran medium hanya seberat 10 kg dengan ketahanan beban diatas booth seberat 45 kg.

Selain itu, kelebihan lain yang ditawarkan CV. Pelangi Ikhtiar yaitu konsultasi desain gratis untuk booth custom. Biasanya inspirasi membuat desain booth muncul dari melihat-lihat dipameran dan kemudian dimodifikasi dengan tambahan aksesoris seperti payung atau atap lipat. Untuk meminimalisir terjadinya kesalahan produksi, Mukti menekankan kepada kliennya untuk menyediakan data yang jelas meliputi ukuran, model dan desain yang diinginkan. Khusus untuk produk yang ready stock proses produksi hanya memakan waktu antara 1-2 hari, sedangkan untuk pembuatan stiker sebagai aksesoris membutuhkan waktu paling lama 3-4 hari.

Produk. CV. Pelangi Ikhtiar menawarkan 3 jenis ukuran booth, yaitu booth small ukuran 80 cmx50 cm dengan tinggi 80 cm ditawarkan dengan harga Rp 850.000, booth medium ukuran 1 m x 60 cm dengan tinggi 80 cm ditawarkan dengan harga Rp 1.000.000 dan booth jumbo ukuran 1,3 cm x 80 cm dengan tinggi 80 cm ditawarkan dengan harga Rp 1.350.000. harga ini belum termasuk dengan aksesoris tambahan booth seperti stiker, pintu, payung, roda, etalasae kaca dan lain-lain.

Selain menawarkan booth diatas CV. Pelangi Ikhtiar pula menawarkan booth dengan konsep evendesk dengan harga Rp 700.000 plus stiker laminasi, pop up counter Rp 1.300.000 dan tenda lipat ukuran 3 m x 3 m Rp 1,5 juta, untuk aksesoris tambahan seperti stiker dan header akan dikenakan harga tambahan sebesar Rp 250.000 Biasanya CV. Pelangi Ikhtiar akan memberikan diskon harga sebesar 5% hingga 10% untuk pembelian diatas 5 pieces.

Untuk membantu usahanya Mukti dibantu oleh 12 orang karyawan yang bertugas di bagian produksi, pengiriman, desain, promosi dan pemasaran. Para karyawan ini merupakan warga sekitar workshop yang sudah memiliki keterampilan membuat booth. Rata-rata karyawan ini digaji sebesar Rp 1,5 juta per bulan.

Dengan dibantu oleh 12 orang karyawannya, setidaknya CV Pelangi Ikhtiar bisa memproduksi lebih dari 100 booth tiap bulannya “diawal usaha kita cuma bikin 3 pieces booth untuk tes pasar, 1 bulan berjalan ada pesanan cuma 1 atau 2 booth dan Alhamdulillah setelah 3 bulan berjalan permintaan hingga 30 booth dan kini kita setiap bulan bisa menerima orderan minimal 100 booth”. Jelas Mukti

Melihat kapasitas produksi setiap bulannya, Mukti mengakui bisa meraup omset hingga Rp 250 juta perbulan dengan keuntungan bersih sekitar 30% setelah dipotong untuk pengeluaran biaya produksi, pembelian bahan baku, gaji karyawan dan promosi dan pemasaran.

Pemasaran. Menurut Mukti beberapa tahun belakangan ini memang permintaan booth mengalami lonjakan yang cukup signifikan dan tidak pernah terpengaruh dengan adanya penurunan pembeli pasca lebaran. Dan bahkan untuk memenuhi permintaan pasar, CV. Pelangi Ikhtiar memiliki 2 workshop yang berlokasi di Depok dan Cibubur.

Menanggapi hal ini, Weda selaku Wakil Komisaris CV Pelangi Ikhtiar menilai ada 2 kemungkinan terjadinya lonjakan permintaan. Selain faktor menjamurnya bisnis-bisnis Franchise, bisa pula disebabkan strategi pemasaran dari CV Pelangi Ikhtiar yang optimal. Misalnya strategi pemasaran yang dijalankan CV. Pelangi Ikhtiar yaitu  membuat website usaha.

Diakuinya pemasaran via internet ini sangat efektif karena bisa menyasar konsumen dari di luar daerah Jabodetabek. Namun Weda mengaku, selain menggunakan media online seperti web, facebook dan twitter, ia pun menjaring pelanggan lewat komunitas-komunitas yang diikuti seperti TDA (Tangan Di Atas) dan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia).

Weda bercerita, melalui strategi pemasaran ini booth kreasi CV. Pelangi Ikhtiar dipercaya oleh para pelaku usaha UKM dan Franchise diberbagai daerah di Indonesia. Beberapa klien dari CV. Pelangi Ikhtiar adalah KFC, VitaBrain, Sosis Bakar Tyson, Az-Zikra Food, Simpati, Indomobil Karawaci, Lapis Talas Bogor, Cappuccino Mang Kacau, King Food, Bank Rakyat Indonesia, Es Potong Singapore, Milo, Kebab Baba Rafi, Oxygen.id, Cherry Bubble Drink, Es Pisang Ijo, Choco Hut, AHP Barbeque, Kangen Water dan lain-lain.

Mengenai masalah pengiriman, CV. Pelangi Ikhtiar menjalin kerjasama dengan beberapa jasa ekspedisi. Mukti juga menjamin keamanan booth pada saat proses pengiriman, karena pada saat pengiriman, CV. Pelangi Ikhtiar menggunakan packaging berupa tas booth yang terbuat dari terpal dan dilapasi box kardus sehingga aman jika terjadi benturan. Selama ini CV. Pelangi Ikhtiar belum pernah menerima complain dari para klien, karena adanya quality control sebelum barang dikirim.

Saat ini para klien CV. Pelangi Ikhtiar tersebar diberbagai daerah diluar Jabodetabek seperti Bali, Surabaya, Bengkulu, Bajarmasin, Kalimantan, Palembang dan lain-lain. Jika pun ada terjadinya kerusakan ataupun tidak sesuai pesanan, CV. Pelangi Ikhtiar menerima retur sebagai bentuk tanggung jawabnya.

Obsesi dan Kendala. Selama ini CV. Pelangi Ikhtiar belum pernah mengalami kendala yang berarti, biasanya kendala yang dihadapi adalah permintaan desain klien yang cukup aneh, misalnya dari segi penggunaan bahan baku yang berbeda ataupun ingin dibuatkan booth pameran permanen. Bagi CV. Pelangi Ikhtiar kendala seperti ini hanya sebatas permintaan saja, biasanya jika ada klien yang meminta seperti itu pihak CV. Pelangi Ikhtiar tidak banyak menanggapinya, karena CV. Pelangi Ikhtiar hanya focus pada pembuatan booth protable dengan bahan dasar dari aluminium.

Kedepan CV. Pelangi Ikhtiar berharap bisa menjadi solusi bagi para pelaku usaha UKM, menurutnya selama ini para pelaku usaha UKM sangat membutuhkan booth portable untuk pemasaran baik saat pameran maupun bazaar. Mustar

 

Advertisements